Tuesday, November 17, 2015

4 Mitos dan Fakta Seputar Lemak, Anda Harus Tahu!

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, banyak sekali anggapan yang beredar di masyarakat klalau lemak bisa membuat seseorang menjadi gemuk. Apakah hal ini benar? Atau hanya mitos belaka? Langsung saja kita ulas mitos dan fakta tentang lemak di bawah ini.

Kenali lemak dengan baik, makin banyak tahu makin sehat

4 Mitos dan Fakta Seputar Lemak, Anda Harus Tahu!

Lemak itu menggemukkan

Anggapan bahwa lemak itu menggemukkan adalah mitos, faktanya justru lemak bisa membuat seseorang kenyang sehingga bisa menahan rasa ingin makan terus menerus. Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi lemak secara tepat, baik ukuran maupun pilihan lemaknya sebab jenis lemak sangat banyak. Hal ini karena lemak memang lebih banyak mengandung kalori dibanding protein dan karbohidrat.

Lemak menyebabkan penyumbatan arteri dan serangan jantung

Hal ini adalah mitos! Faktanya sampai sekarang para ahli masih terus ditantang untuk membuktikan apakah lemak jenuh menyebabkan serangan jantung itu benar. Dalam studi yang terbit dalam jurnal Annals of Internal Medicine disebutkan bahwa tidak ada hubungan antara peningkatan risiko serangan jantung dengan lemak jenuh.

Butter itu buruk

Mitos! Faktanya sedikit butter tidak akan menyakiti manusia. Bahkan dalam penelitian terbaru yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition disebutkan bahwa mengonsumsi mentega dalam asupan moderat bisa menjadi bagian dari program diet yang sehat.

Kolesterol dari telur tingkatkan kolesterol darah

Kolesterol dari telur tingkatkan kolesterol darah adalah mitos, faktanya tidak ada kaitan antara konsumsi kolesterol dari telur dengan kolesterol darah. Sebab kolesterol darah berasal dari hati. Apa yang dimakan memiliki dampak yang sangat kecil pada kolesterol darah.

No comments:

Post a Comment