Friday, November 20, 2015

Lho, Ternyata Menangis Punya Manfaat Buat Kesehatan

Masih suka nahan nangis karena malu? Wah, eman banget euy! Soalnya menangis itu banyak manfaatnya buat kesehatan. Tidak percaya? Yuk simak beberapa khasiat menangis untuk kesehatan di bawah ini!

Menangislah jika memang perlu menangis, karena menangis itu… Bermanfaat!

Lho, Ternyata Menangis Punya Manfaat Buat Kesehatan

Menambah semangat

Tahukah Anda jika dengan menangis Anda telah melepaskan endorfin, sebuah hormon yang bertugas untuk meningkatkan suasana hati? Ya, studi mengatakan bahwa setengah dari orang yang menangis akan merasa lebih bahagia. Studi ini dilakukan oleh seorang peneliti dari Tilrburg University Belanda bernama Ad Vingerhoets, Ph. D. Dengan perasaan yang lebih bahagia, seseorang bisa lebih merasa bahagia serta bisa berpikir dengan jernih. Selanjutnya, solusi atas masalah yang membuatnya menangis pun lebih mudah ditemukan.

Sebuah bentuk support

Dari zaman dulu hingga sekarang kita tahu kalau kita akan lebih mudah berempati dengan orang lain ketika orang tersebut menangis. Cara ini (menangis) bahkan digunakan sebagai cara orang zaman dahulu untuk memberitahukan ke orang sekitar kalau dirinya sedang berada dalam masalah atau kesulitan. Sehingga yang lainnya pun tak akan ragu untuk membantu.

Lebih plong dan bisa meredakan stres

Ketika sudah menangis, coba apa yang Anda rasakan? Lebih plong? Lebih ringan? Nah, inilah salah satu manfaat dari menangis. Yups, menangis ternyata bisa merangsang sistem saraf otak yang fungsinya adalah sebagai pemulih dan relaksator. Tidak hanya itu, pada saat menangis, hormon oksitosin juga meningkat drastis. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi kelelahan dan kecemasan. Oksitosin juga memiliki sebutan lain, yakni hormon kedekatan. Maka jangan heran jika saat Anda menangis, Anda akan mudah merasa dekat dengan siapa pun, apalagi yang mau meminjamkan bahunya untuk Anda.

No comments:

Post a Comment